Kamis, 08 Desember 2011

KURIKULUM SILABUS

Silabus disusun berdasarkan Standar Isi, yang di dalamnya berisikan Identitas MataPelajaran, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), MateriPokok/Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, danSumber Belajar. Dengan demikian, silabus pada dasarnya menjawab permasalahan-permasalahan sebagai berikut.1.Kompetensi apa saja yang harus dicapai peserta didik sesuai dengan yangdirumuskan oleh Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar).2.Materi Pokok/Pembelajaran apa saja yang perlu dibahas dan dipelajari pesertadidik untuk mencapai Standar Isi.3.Kegiatan Pembelajaran apa yang seharusnya diskenariokan oleh guru sehinggapeserta didik mampu berinteraksi dengan sumber-sumber belajar.4.Indikator apa saja yang harus dirumuskan untuk mengetahui ketercapaian KDdan SK.5.Bagaimanakah cara mengetahui ketercapaian kompetensi berdasarkan Indikator sebagai acuan dalam menentukan jenis dan aspek yang akan dinilai.6.Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai Standar Isi tertentu.7.Sumber Belajar apa yang dapat diberdayakan untuk mencapai Standar Isitertentu.
Pengertian Silabus
• Garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi/materi pembelajaran (salim,1987:98• Merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajara danpenilaian yang disusun secara sitematis memuat komponen-komponen yang salingberkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar (Yulaelawati,2004:123)• Salah satu rancangan kurikulum pembelajaran.• Merupakan ringkasan isi komponen-komponen kurikulum• Penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi, kompetensi dasar, dan pokok-pokok/uraian materi yang harus dipelajari siswa ke dalam rincian kegiatan danstrategi pembelajaran, kegiatan dan strategi penilaian, dan alokasi waktu per matapelajaran per satuan pendidikan dan per kelas• Salah satu tahapan pengembangan kurikulum, khususnya untuk menjawab “apayang harus dipelajari?”• Merupakan hasil atau produk pengembangan disain pembelajaran, sepertiPDKBM, GBPP, dsb.
Isi Silabus
Berkenaan dengan komponen silabus lebih rinci dikemukan oleh nurhadi( 2004:142) bahwa silabus berisi uraian program yang mencantumkan:• Bidang studi yang diajarkan• Tingkat sekolah dan semester• Pengelompokan kompetensi dasar
http://htmlimg3.scribdassets.com/64kbtch3eofa8v5/images/1-93c1b1afb0.png
Materi pokok• Indicator• Strategi pembelajaran• Alokasi waktu• Bahan atau alat serta media
Manfaat Silabus
• Pedoman bagi pengembangan pembelajaran lebih lanjut:o Pembuatan rencana satuan pembelajarano Pengelolaan kegiatan pembelajarano Penyediaan sumber belajaro Pengembangan sistem penilaian
Prinsip pengembangan silabus
• Ilmiaho Materi pembelajaran yang diberikan dalam silabus harus memenuhi kebenaransecara ilmiah.• Memperhatikan perkembangan dan kebutuhan siswao Cakupan,kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi dalamsilabus disesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik dan psikologis siswa.• Sistematiso Silabus dianggap sebagai suatu system sesuai konsep dan prinsip system,penyusunan silabus dilakukan secara sistematis, sejalan dengan pendekatansystem atau langkah-langkah pemecahan masalah.• Relevansi,Konsitensi, dan Kecakupano Dalam penyusunan silabus diharapkan adanya kesesuaian\, keterkaitan,konsitensi dan kecakupan antara standar kompetensi, kompetnsi dasa, materipokok, pengalaman belajar,system penilaian dan sumber bahan(DepDIknas,2004:11)
Prosedur Pengembangan
• Persiapan - Needs/diagnostic analysis• Penyusunan silabus - Design• Perbaikan - Validation• Pemantapan - pengesahan• Pelaksanaan - Implementation• Penilaian – Monev
Prosedur Pengembangan
Tahapan Penyusunan
• Identifikasi Kompetensi Dasar• Silabus• Program Semester• Satuan Pembelajaran• Skenario Pembelajaran
Komponen Silabus
• Identitas mata pelajarano Nama Mata PelajaranSemester
Deskripsi singkat MP
Kedudukan MP
Karakteristik MP
Cakupan materi pokok
• Standar kompetensi
o Merupakan seperangkat kompetensi yang dibakukan dan harus dicapai siswa
sebagai hasil belajarnya dalam setiap satuan pendidikan (SKL)o Digunakan untuk memandu penjabaran kompetensi dasar menjadi pengalamanbelajaro Urutan (sekuens) standar kompetensi menggunakan pendekatan prosedural danhierakhiso Pendekatan prosedural digunakan apabila standar kompetensi yang diajarkanberupa serangkaian langkah-langkah secara urut dalam mengerjakan suatu tugaspembelajaran.o Pendekatan hierarkis menunjukkan hubungan yan bersifat subordinate/berjenjangantara beberapa standar kompetensi yang ingin dicapai. Dengan demikian adayang mendahului dan ada yang kemudian. Standar kompetensi yang mendahuluimerupakan prasyarat bagi standar kompetensi yang berikutnya.•
Kompetensi dasar
o Rincian dari standar kompetensi, berisi pengetahuan, keterampilan, dan sikapyang secara minimal harus dikuasai siswao Urutannya (sekuens) menggunakan pendekatan: prosedural, hierarkis, mudah-sukar, konkrit-abstrak, spiral, tematik/ terpadu, dsb.• Indikatoro Merupakan kompetensi dasar yang lebih spesifiko Dikembangkan oleh guru sesuai dengan kebutuhan dan potensi siswao Menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan cakupan materinyaterbatas, contoh: menghitung, menafsirkan, membandingkan, membedakan,menyimpulkan, dsb.o Digunakan lebih lanjut dalam pengembangan instrumen tesContoh Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Materi pokok 
o Pokok-pokok materi pembelajaran yang harus dipelajari siswa untuk mencapaikompetensi dasaro Jika ditetapkan secara nasional, tugas pengembang silabus menjabarkannyamenjadi uraian materi pembelajarano Jenis materi: fakta, konsep, prinsip, prosedur.o Dirumuskan dalam bentuk kata benda atau kata kerja yang dibendakano Buku teks hanya merupakan salah satu bahan rujukan penetapan materi pokokContoh Materi PokokKlik 2x pada gambar untuk memperbesar.Reigeluth, (1987:98) mengklasifikasi materi pembelajarna menajdi 4 jenis,yaitu:o Fakta adalah asosiasi anatara objek, peristiwa, atau symbol yang ada ataumungkin ada dalam lingkungan nyata.o Konsep adalah sekelompok objek atau peristiwa atau symbol yang memilikikarakteristik umuo Prinsip adalah hubungan sebab akibat antara konsep.o Prosedur adalah urutan langkah untuk mencapai suatu tujuan
o Pengalaman belajar
Pengalaman dan kegiatan siswa menunjukan aktivitas belajr dalam mencapaipenguasaan standar kompetensi,kompetensi dasar, dan materi pembelajaran.Pengalamn belajar adalah kegiatan fisik maupun mental yang perlu dilakukan olehsiswa dalam menacapi kompetensi dasar dan materi pembelajaran.Pengalam belajar ranah KOgnitif, Psikomotorik dan Afektif o Kompetensi ranah kognitif meliputi menhafal, memahami, mengaplikasikan,menganalisa,, mensitesiskan, dan menilaio Kompetensi ranah psikomotorik meliputi tingkatan gerkan awal, semi rumit,gerakan rutin.o Kompetensi Afektif meliputi tingkatan pemberian respon, apresiasi, penilaian, daninternalisasi.
• Strategi pembelajaran
Merupakan bentuk/pola umum kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan,terdiri atas :o Kegiatan tatap muka, berupa kegiatan pembelajaran dalam bentuk interaksilangsung antara guru dengan siswa (ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi
seminar, kuis, tes).o Kegiatan non tatap muka, berupa:
Kegiatan pembelajaran yang bukan interaksi guru-siswa (mendemonstrasikan,mempraktikkan, mengukur, mensimulasikan, mengadakan eksperimen,mengaplikasikan, menganalisis, menemukan, mengamati, meneliti, menelaah).Kegiatan pembelajaran kontekstual
Kegiatan pembelajaran kecakapan hidup
• Alokasi waktu
o Perkiraan berapa lama siswa mempelajari materi yang telah ditentukan denganmemperhatikan tingkat kesulitan materi, luas materi, lingkup/cakupan materi,tingkat pentingnya materio Perlu memperhatikan alokasi waktu per semester dalam kalender pendidikano Perlu dipertimbangkan juga waktu untuk remedial, pengayaan, tes/ulangan, dancadangano Jika alokasi waktu ditetapkan secara nasional, maka pengembang silabus tinggalmendistribusikannya dalam program semester
• Sumber bahan/acuan/rujukan
o Rujukan, referensi atau literatur yang bisa digunakano Bukan hanya buku teks, tetapi juga: jurnal, hasil riset, internet, dsb.o Mengikuti cara penulisan yang standar (nama pengarang, tahun terbit, judul buku,kota, nama penerbit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar