Senin, 09 Januari 2012

book report 2

Bagaimana Menulis Resensi Buku


Sebuah ulasan buku adalah deskripsi, analisis kritis, dan evaluasi pada kualitas, makna, dan pentingnya sebuah buku, bukan menceritakan kembali sebuah. Ini harus fokus pada tujuan buku, konten, dan otoritas. Sebuah ulasan buku penting bukan laporan buku atau ringkasan. Ini adalah kertas reaksi di mana kekuatan dan kelemahan dari material yang dianalisis. Ini harus mencakup pernyataan dari apa yang penulis telah mencoba melakukan, mengevaluasi seberapa baik (menurut pendapat pengkaji) penulis telah berhasil, dan menyajikan bukti untuk mendukung evaluasi ini.


Tidak ada cara yang tepat untuk menulis review buku. Resensi buku sangat pribadi dan mencerminkan pendapat pengkaji. Sebuah tinjauan dapat sesingkat 50-100 kata-kata, atau selama 1500 kata-kata, tergantung pada tujuan dari review.


Berikut ini adalah prosedur standar untuk menulis resensi buku, mereka saran, bukan formula yang harus digunakan.

    
1. Menulis pernyataan memberikan informasi penting tentang buku tersebut: judul, penulis, tanggal hak cipta pertama, jenis buku, materi pelajaran umum, fitur-fitur khusus (peta, warna piring, dll), harga dan ISBN.

    

    
2. Negara tujuan penulis dalam menulis buku. Kadang-kadang penulis menyatakan tujuan mereka di dalam prakata atau bab pertama. Ketika mereka tidak, Anda mungkin tiba pada pemahaman tujuan buku dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini:

        
a. Mengapa penulis menulis tentang hal ini daripada pada beberapa subjek lain?

        
b. Dari sudut pandang apa adalah pekerjaan ditulis?

        
c. Apakah penulis mencoba untuk memberikan informasi, untuk menjelaskan sesuatu yang teknis, untuk meyakinkan pembaca validitas kepercayaan dengan mendramatisir dalam tindakan?

        
d. Apa bidang umum atau genre, dan bagaimana buku itu masuk ke dalamnya? (Gunakan sumber-sumber luar untuk membiasakan diri dengan lapangan, jika perlu.) Pengetahuan tentang genre berarti memahami bentuk seni. dan bagaimana fungsinya.

        
e. Siapa audiens yang dituju?

        
f. Apa gaya penulis? Apakah formal atau informal? Mengevaluasi kualitas gaya penulisan dengan menggunakan beberapa standar berikut: koherensi, kejelasan, orisinalitas, forcefulness, penggunaan yang benar dari kata-kata teknis, keringkasan, kepenuhan pembangunan, fluiditas. Apakah itu sesuai dengan audiens yang dituju?

        
g. Scan Daftar Isi, hal itu dapat membantu memahami bagaimana buku ini disusun dan akan membantu dalam menentukan gagasan utama pengarang dan bagaimana mereka dikembangkan - kronologis, topikal, dll

        
g. Bagaimana buku itu mempengaruhi Anda? Apakah ada ide-ide Anda sebelumnya telah di subjek berubah, ditinggalkan, atau diperkuat karena buku ini? Bagaimana buku terkait dengan kursus Anda sendiri atau agenda pribadi? Apa pengalaman pribadi Anda sudah berhubungan dengan subjek?

        
h. Seberapa baik memiliki buku itu mencapai tujuannya?

        
i. Apakah Anda merekomendasikan buku ini atau artikel kepada orang lain? Mengapa?

    
3. Negara tema dan tesis dari buku ini.

        
a. Tema: Tema adalah subjek atau topik. Hal ini belum tentu judul, dan biasanya tidak dinyatakan dalam kalimat lengkap. Ini mengungkapkan fase tertentu dari materi pelajaran umum.

        
b. Tesis: Tesis ini adalah generalisasi seorang penulis tentang tema, keyakinan penulis tentang sesuatu yang penting, kesimpulan filosofis buku, atau proposisi penulis sarana untuk membuktikan. Mengungkapkan tanpa metafora atau bahasa kiasan lainnya, dalam satu kalimat deklaratif.

            
Contoh

            
Title: Seandainya Dibuat

            
Perihal Umum Cetakan: Intoleransi Agama

            
Tema: Dampak dari intoleransi agama di sebuah kota kecil

            
Tesis: intoleransi keagamaan, suatu penyakit dari individu, kelompok sosial yang mencemari seluruh

    
4. Jelaskan metode pengembangan-cara penulis mendukung tesis. Ilustrasikan komentar Anda dengan referensi spesifik dan kutipan. Secara umum, penulis cenderung menggunakan metode berikut, secara eksklusif atau dalam kombinasi.

        
a. Keterangan: Penulis menyajikan kata-foto pemandangan dan acara dengan memberikan rincian spesifik yang menarik bagi panca indera, atau untuk imajinasi pembaca. Deskripsi menyajikan latar belakang dan pengaturan. Tujuan utamanya adalah untuk membantu pembaca menyadari, melalui sebagai rincian sensual sebanyak mungkin, hal cara (dan orang), di episode yang dijelaskan.

        
b. Narasi: Penulis menceritakan kisah dari serangkaian acara, biasanya disajikan dalam urutan kronologis. Dalam sebuah novel Namun, urutan kronologis dapat dilanggar demi plot. Penekanan dalam narasi, baik fiksi dan non-fiksi, adalah pada peristiwa. Narasi memberitahu apa yang telah terjadi. Tujuan utamanya adalah untuk menceritakan sebuah cerita.

        
c. Pameran: Penulis menggunakan penjelasan dan analisis untuk menyajikan subjek atau untuk memperjelas ide. Pameran menyajikan fakta tentang subjek atau masalah dengan jelas dan tidak memihak mungkin. Tujuan utamanya adalah untuk menjelaskan.

        
d. Argumen: Penulis menggunakan teknik persuasi untuk menetapkan kebenaran pernyataan atau untuk meyakinkan pembaca kepalsuan tersebut. Tujuannya adalah untuk membujuk pembaca untuk percaya sesuatu dan mungkin untuk bertindak berdasarkan keyakinan itu. Argumen mengambil sisi pada masalah. Tujuan utamanya adalah untuk meyakinkan.

    
5. Evaluasi buku untuk bunga, akurasi, objektivitas, penting, ketelitian, dan kegunaan bagi audiens yang dituju. Menunjukkan apakah argumen utama penulis adalah benar. Menanggapi pendapat penulis. Apa Anda setuju atau tidak setuju dengan? Dan mengapa? Menggambarkan apakah atau tidak ada kesimpulan yang diambil adalah berasal logis dari bukti. Mengeksplorasi isu-isu buku menimbulkan. Apa kemungkinan buku itu menyarankan? Apa yang telah penulis dihilangkan atau masalah apa yang tersisa yang belum terpecahkan? Titik-titik tertentu apa yang tidak meyakinkan? Membandingkannya dengan buku-buku lain tentang topik yang sama atau buku-buku lain oleh penulis yang sama serta berbeda. Apakah hanya pengerjaan ulang dari buku sebelumnya, sebuah sanggahan dari posisi sebelumnya? Memiliki sumber baru menemukan pendekatan baru dibenarkan oleh penulis? Komentar pada bagian kepentingan tertentu, dan menunjukkan apa-apa yang tampaknya memberikan buku sastra pahala. Berkaitan buku untuk masalah yang lebih besar.

    

    
6. Cobalah untuk menemukan informasi lebih lanjut tentang penulis - reputasi, kualifikasi, pengaruh, biografi, dll - informasi yang relevan dengan buku yang terakhir dan yang akan membantu untuk membangun otoritas si pengarang. Dapatkah Anda membedakan antara filsafat koneksi penulis, pengalaman hidup dan buku terakhir?

    

    
7. Jika relevan, buat catatan mengenai format buku - tata letak, penjilidan, tipografi, dll Apakah ada peta, ilustrasi? Apakah mereka membantu pemahaman?

    

    
8. Periksa materi kembali. Apakah indeks akurat? Periksa catatan akhir atau catatan kaki setiap saat Anda membaca dari bab ke bab. Apakah mereka memberikan informasi tambahan yang penting? Apakah mereka menjelaskan atau memperpanjang poin yang dibuat dalam tubuh teks? Periksa daftar pustaka penulis dapat menyediakan. Apa jenis sumber, primer atau sekunder, muncul dalam daftar pustaka? Bagaimana penulis memanfaatkan mereka? Membuat catatan dari kelalaian penting.

    
9. Meringkas (singkat), menganalisis, dan mengomentari isi buku. Negara kesimpulan umum Anda. Bayar perhatian khusus pada bab ini penulis menyimpulkan. Apakah ringkasan meyakinkan? Daftar topik utama, dan secara singkat merangkum ide-ide penulis tentang topik ini, poin utama, dan kesimpulan. Gunakan referensi spesifik dan kutipan untuk mendukung pernyataan Anda. Jika tesis Anda telah memiliki argumen yang baik, kesimpulan harus mengikuti secara alami. Hal ini dapat mencakup penilaian akhir atau hanya menyatakan kembali tesis Anda. Tidak memperkenalkan materi baru pada saat ini.
Beberapa Pertimbangan Ketika Meninjau genre tertentu:
Fiksi (di atas segalanya, jangan berikan cerita)
Karakter

    
1.From apa sumber adalah karakter ditarik?

    
2.Apakah sikap penulis terhadap tokoh-tokohnya?

    
3.Are karakter datar atau tiga dimensi?

    
Pengembangan karakter 4.Does terjadi?

    
Delineasi karakter 5.Is langsung atau tidak langsung?
Tema

    
1.What adalah / adalah tema utama (s)?

    
2.How mereka terungkap dan dikembangkan?

    
3.Is tema tradisional dan akrab, atau baru dan asli?

    
4.Is tema yang didaktik, psikologis, sosial, menghibur, eskapis, dll dalam tujuan atau maksud?
Alur

    
1.How adalah berbagai elemen plot (misalnya, pengenalan, ketegangan, klimaks, kesimpulan) ditangani?

    
2.Apakah hubungan plot untuk deliniasi karakter?

    
3.To sejauh mana, dan bagaimana, kebetulan bekerja sebagai rumit dan / atau menyelesaikan kekerasan?

    
4.What adalah unsur-unsur misteri dan ketegangan?

    
Perangkat 5.What lainnya komplikasi plot dan resolusi yang digunakan?

    
6.Is ada sub-plot dan bagaimana itu terkait dengan plot utama?

    
7.Is plot primer atau sekunder untuk beberapa elemen penting lainnya dari cerita (karakter, setting, gaya, dll)?
Gaya

    
1.What adalah "kualitas intelektual" tulisan (misalnya, kesederhanaan, kejelasan)?

    
2.Apakah adalah "kualitas emosional" tulisan (misalnya, humor, kecerdasan, sindiran)?

    
3 .. Apakah "kualitas estetika" tulisan (misalnya, harmoni, irama)?

    
Perangkat 4.What gaya bekerja (misalnya, simbolisme, motif, parodi, alegori)?

    
5.How efektif adalah dialog?
Mengatur

    
1.What adalah pengaturan dan apakah hal itu memainkan peran penting dalam pekerjaan?

    
2.Is rasa membangkitkan suasana, dan bagaimana?

    
Efek 3.What indah digunakan dan seberapa penting dan efektif mereka?

    
4.Does pengaruh pengaturan atau menimpa pada karakter dan / atau plot?
Biografi

    
1.Does buku memberikan "full-length" gambar subjek?

    
2.Apakah fase kehidupan subyek menerima perawatan terbesar dan pengobatan ini dibenarkan?

    
3.What adalah titik pandang penulis?

    
4.How merupakan subjek yang terorganisir: kronologis, retrospektif, dll?

    
5.Is pengobatan dangkal atau tidak penulis penelitian menunjukkan luas dalam kehidupan subjek?

    
6.What bahan-bahan sumber yang digunakan dalam penyusunan biografi?

    
7.Is pekerjaan didokumentasikan?

    
8.Does upaya penulis untuk mendapatkan motif tersembunyi subjek?

    
9.What fakta baru yang penting tentang kehidupan subyek terungkap dalam buku ini?

    
10.What adalah hubungan karir subjek sejarah kontemporer?

    
11.How biografi tidak membandingkan dengan orang lain tentang orang yang sama?

    
12.How apakah itu dibandingkan dengan karya-karya lain oleh penulis yang sama?
Sejarah dan nonfiksi lainnya

    
1.With apa yang subjek tertentu atau periode apakah kontrak buku?

    
2.How menyeluruh pengobatannya?

    
3.What adalah sumber yang digunakan?

    
4.Is account yang diberikan secara garis besar atau secara rinci?

    
5.Is gaya yang reportorial penulisan, atau ada upaya pada saat penulisan interpretatif?

    
6.What adalah titik pandang atau tesis dari penulis?

    
7.Is pengobatan dangkal atau mendalam?

    
8.For apa kelompok dimaksudkan adalah buku (buku teks, populer, ilmiah, dll)?

    
Bagian tidak menulis biografi 9.What bermain di buku ini?

    
Sejarah sosial atau sejarah politik 10.Is ditekankan?

    
Tanggal 11.Are digunakan secara luas, dan jika demikian, apakah mereka digunakan secara cerdas?

    
12.Is buku revisi? Bagaimana cara membandingkan dengan edisi sebelumnya?

    
13.Are peta, ilustrasi, grafik, dll yang digunakan dan bagaimana ini akan dievaluasi?
Puisi

    
1.Is ini sebuah karya kekuasaan, individualitas orisinalitas,?

    
2.Apakah jenis puisi ini sedang dikaji (epik, liris, bersifat sajak sedih, dll)?

    
Perangkat 3.What puitis telah digunakan (rima, ritme, kiasan, perumpamaan, dll), dan untuk apa efek?

    
4.What adalah pusat perhatian puisi dan dinyatakan secara efektif?
Judul subjek yang digunakan dalam katalog:
Buku meninjau Kritik


Terkait buku:
Buku mereview: panduan untuk menulis resensi buku untuk koran, majalah, radio, dan televisi. Boston. Penulis, 1978 PN98.B7 B6
Drewry, John. Menulis Ulasan Buku. Jakarta: Penulis, 1974. PN98.B7 D7 1974
Teitelbaum, Harry. Cara Menulis Laporan Buku. New York: Monarch Tekan, 1975. LB2369. T4
Miller, James Walter. Bagaimana menulis laporan buku: - menganalisis dan mengevaluasi fiksi, drama, puisi, dan non-fiksi New York. Arco Pub, 1984.. LB2369. M46 1984


Sumber Ulasan Buku
Resensi Buku Intisari 1985 + INDEKS Z1219. C96
Resensi Buku Indeks 1965 + INDEKS Z1035.A1 B6
Kontemporer Penulis REFERENSI Z1224. C5


Related Websites:
Bagaimana Menulis Resensi Buku. Perpustakaan Stauffer. http://library.queensu.ca/inforef/bookreview/wri.htm
Menulis Ulasan Buku. Perpustakaan Universitas Waterloo. http://library.uwaterloo.ca/libguides/1-12.html
Bagaimana Menulis Resensi Buku. Perpustakaan Universitas Dalhousie. http://www.library.dal.ca/How/Guides/BookReview/
Menulis Laporan Buku & Ulasan Buku. Internet Public Library. http://www.ipl.org/div/farq/bookreportFARQ.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar