Selasa, 15 November 2011

dasar ipi

DASAR- DASAR PENDIDIKAN ISLAM

Pendidikan merupakan bagian yang sangat pendting dari kehidupan manusia dan secara kodrati manusia adalah makhluk paedagogik, aratinya manusia memilki sifat dasar yang mau di didik dan mendidik dan dasar yang dipakai hendaknya mengandung nilai-nilai tertin ggi yang dianut di masyarakat dan dijadikan pandangan hidupnya dalam kehidupan bermasyarakat tersebut. dan secara kodrati pendidikan Islam berpandangan hidup secara fitroh yang pada hakekatnya merupakan nilai-nilai luhur yang bersifat transenden, universal dan eternal (Ali Asrhraf, 1993), nilai -nilai tersebut pasti terdapat pada Al-Qur'an dan as-sunah
Pendidikan Islam sangat memperhatikan perkembangan individu dan sosial yang membawa terhadap pemeluknya pada pengapliksian Islam secara komprehensip, agar pemeluknya mampu menjalankanya sesuai kehendak Allah swt. Sumber pendidikan Islam adalah Al-Qur'an dan As-Sunah
1. Al-Qur'an
Al-Qur'an menunjukan kepada kita bagaimana mendidik yang dikehendaki Allah adalah merujuk kepada QS. Al''alaq 1-5, dimana lima ayat ini yang menjadi pondasi bagi kita dalam mendidik sesuai yang di turunkan Allah melalaui malaikat Jibril kepada nabi Muhammad saw.
"bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah, bacalah dan Tuhanmulah Yang Paling Pemurah. Yang mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya"
Tujuan pendidikan sangatlah luhur yakni menjaga diri dan keluarga dari api neraka. hal ini sesuai petunjuk al-Qur'an dalam surat at-thahrim: 6)
"Hai orang-orang yang beriman peliharlah dirimu dan keluargamu dari api neraka".
Dalam kaitanya dengan pendidikan al-Qur'an menyeru kepada manusia untuk berfikir, menggunakan akalnya, hal ini dapat kita dapati pada ayat-ayat yang memuat ungkapan-ungkapan:"apakah kamu tidak berfikir, apakah kamu tidak berakal, apakah kamu tidak memikirkan"... dll.. al-Qur'an mengawali konsep pendidikan dari hal yang bersifat konkrit menuju hal yang bersifat abstrak. Metode yang digunakan itupun beragam, kadang menggunakan metode bertanya, sindiran, ancaman, ketundudukan, ketaatan dll. hal ini untuk lebih mengenalkan diri seseorang agar lebih mengenal RobbNya.

2. As-sunnah
Pendidikan Islam menjadikan As-sunnah sebagai dasar kedua dan sebagai dasar hukumnya.
Sunnah berarti jalan, metode dan progaram, sedangkan menurut istilah sunah ialah hal-hal yang datang dari rosululloh saw, baik ucapan, perbuatan maupun pengakuan (Dailamy SP, 1993)
Dalam dunia pendidikan, as-sunah memiliki dua manfaat pokok:
1. As-Sunah mampu menjelaskan konsep dan kesempurnaan pendidikan Islam, sesuai dengan konsep Al-Qur'an
2. As-sunah ddpat menjadi contoh yang tepat dalam penentuan metode pendidikan.
Pendidikan Islam haruslah senantiasa mencontoh pada sunah/tradisi yang dijalankan Nabi saw baik dalam qauliyahnya, fi'liyahnya, hammiyahnya, maupun taqririyahnya. dan heanya kepada Rosululloh saw lah pendidikan Islam bersuri tauladan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar