Selasa, 22 November 2011

refres otak

cara menyegarkan/me refresh otak

Anda jenuh dengan aktivitas yang sama setiap hari,dan tentunya hal tersebut dapat menimbulkan kebosananan dan melemahnya daya konsentrasi. Selain itu, penelitian  ilmiah menunjukkan bahwa otak orang dewasa dapat fokus dan berkonsentrasi secara efektif hanya selama 25 menit, tetapi setelah itu pikiran tidak lagi lagi fokus.
Sibuk bekerja selama seharian cenderung membuat Anda stres dan pikiran menjadi kusut. Khususnya bagi mereka yang berprofesi sebagai penulis dan insinyur yang pekerjaannya secara teratur melibatkan banyak pemikiran. Di saat-saat stres, Anda perlu menyegarkan kembali pikiran, serta mengkalibrasi ulang semua fungsinya.
Maka dari itu, ikutilah trik-trik berikut ini untuk dapay membantu menyegarkan kembali pikiran Anda :
+ Musik :  Musik yang menenangkan sangat bermanfaat untuk sumber daya mental anda. Jernihkan pikiran Anda hanya dengan duduk sambil hanyut dalam musik yang indah. Jika anda senang bermain musik, itu sangat baik, segera keluarkan piano tua Anda atau unduh aplikasi musik pada handphone anda dan mulai mainkan.
+ Olahraga: Ibarat pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Berolahraga secara teratur selain dapat menyegarkan pikiran juga dapat menyehatkan badan.

+ Tertawa :
Tertawa adalah obat terbaik untuk menghilangkan kebosanan. Karena, tertawa dan humor melepaskan “endorfin” yang dapat meningkatkan mood serta perasaan bahagia.

+ Melatih mental :
Otak Anda senang ditanya dan sesuatu yang membingungkan.  Jadi ketika Anda merasa lelah belajar atau bekerja, cobalah untuk menyelesaikan suatu pertanyaan yang menyenangkan untuk menguatkan otak Anda.

+ Bersosialisasi :
Manusia adalah makhluk sosial. Selain menjadi kebutuhan, bersosialisasi juga dapat menjaga agar otak kita tetap segar. Cobalah berhubungan dengan orang-orang baru ataupun menelepon teman lama. Carilah pembicaraan di luar situasi Anda.

+Tidur pendek :
Tak ada yang lebih menyegarkan jika dibandingkan dengan tidur pendek. Segera setelah tidur pendek, Anda akan merasa lebih baik dan lebih bisa menyelesaikan pekerjaan dibandingkan ketika Anda sedang lelah.

+ Hiruplah sesuatu yang berbau enak :
Nyalakan lilin beraroma favorit anda atau hiruplah bau secangkir kopi panas. Karena, dengan menghirup sesuatu yang berbau enak dapat menyegarkan pikiran Anda.

+ Pijat :
Pijat adalah cara sempurna untuk meredakan ketegangan dan mengurangi stres. Anda dapat mencoba berbagai jenis pijat pada hari yang berbeda untuk kembali memperkuat diri.
+ Mandi : Mandilah dengar air hangat, karena dapat membuat otot serta pikiran Anda menjadi rileks. Anda juga

+ Berangan-angan :
Untuk sesaat, biarkan imajinasi Anda berkelana seperti saat masa kanak-kanak. Karena hal tersebut juga dapat menyegarkan pikiran sehingga Anda bisa kembali fokus pada tugas di hari-hari berikutnya.
Mulai saat ini, segarkan pikiran dan energi, serta jinakkan stress Anda dengan beristirahat dan melibatkan diri pada kegiatan-kegiatan menyenangkan seperti di atas. Karena, otak Anda menyukai sesuatu hal yang menggembirakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar