Selasa, 22 November 2011

tahapan

Tujuan Pendidikan Islam
Pendidikan merupakan usaha untuk mentransper dan mentranspormasikan pengetahuan serta menginternalisasikan nilai-nilai kebudayaan dalam segala aspek dan jenisnya kepada generasi penerus. Demikian pula peran pendidikan islam di kalangan umat islam merupakan salasatu bentuk menifestsi dari cita-cita hidup islam untuk melestarikan nilai-nilai islam kepada generasi penerus, sehingga nilai cultural-religius yang dicita-citakan dapat tetap berfungsi dan berkebang dalam masyarakat dari waktu ke waktu,dan pendidikan islam dan pendidikan umum berusaha membentuk pribadi manusia.
Secara umum pengertian tujuan pendidikan yaitu perbutan yang diarahkan kepada suatu tujuan tertentu, atau arah, maksud hendak dicapai melalui upaya atau aktivitas. Tujuan, menurut zakiah darajat, adalah sesuatu yang di harapkan tercapai setelah suatu usaha atau kegitan selesai.
Sedangkan menurut H. M. arifin,tujuan itu bisa jadi menunjukan kepada masa depan futuritas (masa depan) yang terletak satu jarak tertentu yang tidak dapat dicapai kecuali denagan usaha melalui proses tertentu. Adapun mengenai hubungan istilah tujuan dengan ramalan, al-syibany mengatakan, bahwa istilah tujuan dan ramalan mempunyai pengertian yang berbeda. Tujuan adalah sesuatu yang hendak dicapai oleh institute pendidikan, sedangkan ramalan adalah sesuatu yang diharapkan terjadinya oleh instituti pendidikan. Istilah utjuan dan hasil dijelaskan al-syaibany, bahwa jika tujuan merupakan akhir dari suatu usaha yang disengaja, teratur, dan tersusun.
Kemudian hubungan antara tujuan dengan nilai, dapat di anggap tujuan-tujuan pendidikan itu sebagai nilai-nilai yang di sukai untuk melaksanakannya.
2. Tahap-tahap tujuan
Abu ahmadi mengatakan bahwa tahap-tahap tujuan pendidikan islam meliputi :
1. Tujuan tertinggi/terakhir
2. Tujuan umum
3. Tujuan khusus
4. Tujuan sementara
1. Tujuan tertinggi/terakhir
Tujuan ini bersifat mutlak, tidak mengalami perubahan dan berlaku umum, karena sesuai dengan konsep ketuhanan yang mengandung kebenaran.
Dalam tujuan pendidikan islam, tujuan tertinggi atau terakhir sesuai dengan tujauan hidup manusia.
2. Tujuan umum
Tujuan umum berfungsi sebagai arah yang taraf pencapaiannya dapat diukur karena menyangkut dengan sikap, perilaku dan kepribadian peserta didik.
Yang dikatakan umum karena berlaku bagi siapa saja tanpa dibatasi ruang dan waktu dan menyangkut diri peserta didik secara total. Pendidikan adalah upaya pengembangan potensi atau sumber daya insasi bearti telah mampu merealisasikan. Menampilkan diri sebagai pribadi yang utuh.
Sementara itu para ahli pendidikan islam merumuskan pula tujuan umum pendidikan islam :
a. Al-Abrasyi, dalam kajiannya tantang pendidikan islam telah menyimpulakan lima tujuan umum bagi pendidikan islam, yaitu
1. Untuk mengadakan pembentukan ahklak yang mulia
2. Persiapan untuk kehidupan dunia dan kehidupan akhirat
3. Persiapan untuk mencari rezeki
4. Menumbuhkan semangat ilmiahpada pelajar
5. Menyiapakan pelajar dari segi professional
b. Nahlawy menunjukan empat tujuan umum dalam pendidikan islam, yaitu
1. Pendidikan akal dan persiapan pikiran.
2. Menumbuhkan potensi-potensi dan bakat-bakat
3. Menaruh perhatian pada kekuatan dan potensi generasi muda
4. Berusaha untuk menyumbangkan segala potensi
c. Sementara itu, al-buthi juga menyebutkan tujuh macam tujuan umum dalam pendidika islam
1. Mencapai keridaan allah SW,
2. Mengangkat taraf akhlak dalam masyarakat berdasarkan agama
3. Memupuk rasa cinta tanah air pada diri manusia berdasarkan pada agama
4. Membimbing diri masyarakat kearah yang di ridhai allah
5. Mengwujudkan ketentraman didalam jiwa dan akidah
6. Menyebarkan kesedaran islam yang sebenarnya
7. Meneguhkan perpaduan tanah air dan menyatuhkan barisan melalui usaha menghilangkan perselisihan.
3. Tujuan khusus
Hasan langgulung, mencoba merumuskan tujuan khusus yang mungkin di masukan di bawah penumbuhan semangat agama dan akhlak adalah antara lain : 1. Memperkenalkan kepada generasi muda akan akidah islam
2. menumbuhkan kesadaran yang betul pada diri pelajar terhadap agama
3. menanamkan ke imanan kepada allah pencipta alam
4. menumbuhkan minat generasi muda untuk menambah pengetahuan
5. menanamkan rasa cinta dan penghargaan kepada alQuran
6. menumbuhkan rasa rela
7. menumbuhkan rasa bangga terhadap sejarah dan kebudayaan
8. mendidik naluri, motivasi dank e inginan generasi muda
9. menanamkan iman yang kuat kepada allah
10. membersihkan hati mereka dari rasa dengki
4. Tujuan sementara
Tujuan sementara menurut Zakiah Dradjat, tujuan sementara itu merupakan tujuan yang akan di capai setelah anak didik deberi sejumlah pengalaman tertentu yang di rencanakan dalam suatu kurikulum pendidikan formal.
Kesimpulan
1. Sistem pemdidikan nasional seperti dijelaskan dalam UU RI No. 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS sistem pendidikan adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasonal.
2. Pendidkan nasional berfungsi mengembangkan kemampun dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdakan kehidupan bangsa.
3. Sedangkan pendidikan agama berfungsi mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memahami dan mengamalkan nilai ajaran agama.
4. Posisi pendidikan islam dalam sistem pendidikan nasional adakalanya sebagai mata pelajaran dan adakala sebagai lembaga.
5. eran pendidikan dikalangan umat islam merupakan salasatu bentuk menifesti dan cita-cita hidup islam untuk melestarikan nilai-nilai islam kepada generasi pemerus sehingga yang di cita-citakan tetap berfungsi dan berkembang dalam masyarakat dari waktu ke waktu, pendidikan islam dan pendidikan umum berusaha membentuk pribadi manusia.(ch)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar