B.Sumber dan
Dasar Pendidikan Islam
Pendidikan
Islam bersumber pada enam hal, yaitu al-Qur’an (yangmerupakan sumber utama
dalam ajaran Islam), as-Sunnah (perkataan, perbuatandan persetujuan Nabi atas
perkataan dan perbuatan para sahabatnya), kata-katasahabat (madzhab shahabat),
kemaslahatan umat (mashalih al-mursalah), tradisiatau kebiasaan masyarakat
(‘urf) dan ijtihad (hasil para ahli dalam Islam).Keenam sumber tersebut disusun dan digunakan secara hierarkis,artinyarujukan
pendidikan Islam berurutan diawali dari sumber utama yakni al-Qur’andan
dilanjutkan hingga sumber-sumber yang lain dengan tidak menyalahi
atau bertentangan dengan sumber utama.Sedangkan dasar dari pendidikan
Islam adalah tauhid. Dalam struktur ajaran Islam,
tauhid merupakan ajaran yang sangat fundamental dan mendasarisegala aspek
kehidupan penganutnya, tak terkecuali aspek pendidikan. Dalamkaitan ini para
pakar berpendapat bahwa dasar pendidikan Islam adalah tauhid.Melalui dasar ini
dapat dirumuskan hal-hal sebagai berikut:1.Kesatuan
kehidupan. Bagi manusia ini berarti bahwa kehidupan duniawimenyatu
dengan kehidupan ukhrawinya. Sukses atau kegagalan ukhrawiditentukan
diduniawinya.2.Kesatuan ilmu. Tidak ada
pemisahan antara ilmu-ilmu agama dengan ilmu-ilmu umum karena semuanya
bersumber dari satu sumber, yaitu AllahSubhanahu wa Ta’ala.3.Kesatuan iman dan rasio. Karena masing-masing
dibutuhkan dan masing-masing mempunyai wilayahnya, sehingga harus saling
melengkapi.4.Kesatuan agama. Agama yang dibawa
oleh para nabi semuanya bersumber dari Allah Subhanahu wa Ta’ala,
prinsip-prinsip pokoknya menyangkutakidah dan akhlak tetap sama, dari zaman
dahulu sampai zaman sekarang.
Ahmad Tafsir, Dr.,
Ilmu Pendidikan dalam
perspektif Islam
, Bandung: Remaja Rosda Karya,
Cet.Ke-4, 2001. hal. 32
Konsep Dasar Pendidikan Islam
75.Kesatuan
kepribadian manusia. Mereka semua diciptakan dari tanah dan rohilahi.6.Kesatuan individu dan masyarakat. Masing-masing
harus saling menunjang.
1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar