Sabtu, 21 April 2012

merubah rambut

Cara Mengedit Dan Merubah Rambut Dengan Photoshop

Selasa, 23 Agustus 2011



president barack obama Tutorial Menggunakan Hair Style Templates di Adobe Photoshop pada Photo President Barack Obama

Percayakah anda, didalam dunia Photo Editing apapun bisa terjadi…tutorial Adobe PhotoShop inilah buktinya. Mungkin bagi sebagian besar orang Indonesia pasti telah mengetahui siapa itu Abang Barack Obama, si Anak Menteng Menantang Amerika ini sungguh sangat berbeda bukan dengan wajah sebenarnya? oke mungkin tidak terlalu banyak cerita mengenai ‘si bocah kontroversial‘ tersebut, pada tutorial ini kita akan mencoba beberapa langkah sederhana bagaimana memasang dan menggganti 50 jenis beautiful hair accessories gaya rambut yang berbeda-beda dalam waktu yang sekejap, bahkan jika anda belum mahir Adobe Photoshop sekalipun, jadi yang cukup anda lakukan adalah bersiap-siap melihat keajaiban dunia digital.

2. Nilai Lebih

barack obama photo designerlisticnet 222x300 Tutorial Menggunakan Hair Style Templates di Adobe Photoshop pada Photo President Barack Obama Pada tutorial ini anda akan memperlajari bagaimana menggabungkan templates gaya rambut yang sudah diedit dan transparant untuk kemudian “dipasang” diatas (didepan) object photo yang kita miliki, saya harapkan untuk anda yang masih belajar menggunakan Adobe Photoshop gunakanlah object photo “Barack Obama” yang telah saya siapkan untuk tutorial kali ini agar setiap step tutorial dapat anda ikuti dengan mudah. Setelah anda cukup merasa mahir anda dapat bereksperimen dengan photo-photo koleksi pribadi anda. Sedangkan gaya-gaya model rambut stylish hair clips yang kami sediakan juga dapat anda gunakan untuk koleksi library photo editing anda, dan yang paling menarik anda dapat menunjukan kepada teman atau keluarga tentang “wajah baru” anda setelah mengikuti tutorial ini, atau bahkan untuk sekedar nampang di FS atau YM bersama teman-teman anda. Baiklah untuk selanjutnya pilihlah salah satu gaya template rambut favorit anda, yang dapat didownload dengan cara mengclick langsung pada gambar model rambut atau link dibawah ini.

3. Persiapan

blonde 09 designerlisticnet Tutorial Menggunakan Hair Style Templates di Adobe Photoshop pada Photo President Barack ObamaProgram Aplikasi yang digunakan adalah Adobe Photoshop, sedangkan untuk versinya anda bebas menggunakan versi lama ataupun baru (Photoshop 7,CS,CS2,CS3) karena pada tutorial ini kita tidak terlalu banyak menggunakan special effect tertentu, hanya langkah-langkah basic saja. Selain kedua model rambut diatas yang akan kita praktekan, andapun dapat mendownload ke-50 gaya rambut lainnya pada halaman berikut ini, click disini

4. Praktek

Buka file photo Barack-Obama-Photo-designerlisticnet.jpg dan salah satu template rambut diatas blonde_08-designerlistic.net.png di program aplikasi photo editing Adobe Photoshop yang telah terinstall di computer anda, dengan cara FILE > OPEN (Ctrl+O).


tutorial barack obama photo 1 Tutorial Menggunakan Hair Style Templates di Adobe Photoshop pada Photo President Barack Obama
Satu hal penting yang harus anda lakukan sekarang adalah menggabungkan dua photo tersebut menjadi satu, namun sebelum kita melakukannya anda harus melihat bahwa ukuran photo yang kita miliki adalah sangat berbeda (setelah ditampilkan dalam mode 100%, lihat pojok kiri bawah masing-masing photo) dan tentu saja ini sangat tidak realistis bukan? catatan penting lainnya anda bisa melakukan opsi memperbesar salah satu photo dan menyamakannya dengan photo yang satunya lagi, hal itu benar, namun harus anda ingat jika image/photo yang berukuran kecil jika “dipaksa” diperbesar hasilnya tidak akan sempurna (baca:pecah-pecah), jadi alangkah lebih baiknya jika photo yang lebih besar yaitu photo Abang Barack Obama lah yang kita perkecil, caranya adalah:

tutorial barack obama photo 2 Tutorial Menggunakan Hair Style Templates di Adobe Photoshop pada Photo President Barack Obama
CLICK KANAN > BAGIAN ATAS PHOTO Sehingga muncul pop up menu seperti gambar disamping, kemudian click IMAGE SIZE. Setelah muncul tampilan jendela Image Size (Menu pengaturan besar kecil image), pekecilah ukuran Height (tinggi) dan Width (lebar) photo sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk latihan kali ini anda dapat mencoba langsung mengetikan Width = 160 pixel dan Height = 216 pixel, dan terakhir click tombol OK untuk menyelesaikan proses ini.

tutorial barack obama photo 3 Tutorial Menggunakan Hair Style Templates di Adobe Photoshop pada Photo President Barack Obama
Selanjutnya setelah photo Barack Obama dan templates photo telah sama (proporsional) ukurannya, anda dapat menggunakan tombol “Move Tool” (atau tekan tombol v di keyboard untuk mengaktifkannya) untuk memindahkan image rambut dengan cara men-drag (click tahan) dan langsung dipindahkan ke photo barack obama, akhirnya dua buah photo akan langsung berada dalam satu tempat.
Sekarang anda tinggal menggeser-geser rambut tersebut dengan menggunakan tombol keyboard panah kiri,kanan,atas,bawah, sehingga benar-benar pass.


tutorial barack obama photo 4 Tutorial Menggunakan Hair Style Templates di Adobe Photoshop pada Photo President Barack Obama
Jika anda ingin mencoba bereksperimen dengan memperbesar atau memperkecil ukuran dari salah satu object diatas, anda dapat memilih langsung object layer manakah yang akan anda rubah dengan cara CLICK KANAN PADA AREA RAMBUT > CLICK BACKGROUND/LAYER1 (Background adalah nama layer default untuk photo Barack Obama dan Layer1 untuk template rambut). Setelah salah satu object yang anda inginkan telah terpilih click menu Show Transform Menu



tutorial barack obama photo 5 Tutorial Menggunakan Hair Style Templates di Adobe Photoshop pada Photo President Barack Obama
yaitu dibawah menubar seperti contoh gambar disamping, dan lihatlah sekarang salah satu layer yang anda pilih tadi sudah tampil menu resize nya sehingga anda bisa memutar, memperkecil dan memperbesar object tersebut sesuka anda.
Catatan Penting
Ketika melakukan click kanan pada bagian atas photo seperti contoh diatas, akan muncul popup menu IMAGE SIZE dan CANVAS SIZE, image size berfungsi memperbesar-memperkecil ukuran dari image, sedangkan canvas size digunakan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran bingkai/canvas dari photo tersebut.
Ketika anda membuka jendela pengaturan canvas size atau image size maka akan muncul pilihan satuan ukuan (measurement units), salah satu yang cukup menarik adalah terdapatnya satuan %, dimana ini akan sangat membantu anda jika ingin pengaturan secara persentase.
Ketika menginginkan photo dengan background yang transparant, anda dapat menggunakan Magic Wand Tool (atau tekan tombol w di keyboard untuk mengaktifkannya) dan CLICK PADA BACKGROUND > TEKAN TOMBOL DELETE di keyboard, atau anda pengguna Adobe Photoshop CS3 gunakan Quick Selection Tool (tekan v di keyboard) untuk setiap penseleksian background pada sebuah photo.
Perhatikan juga panel Layer pada sebelah kanan bawah program aplikasi Adobe Photoshop, anda akan melihat lapisan (layer) setiap object-object ketika mengerjakan tutorial diatas, cobalah untuk men-drag salah satu (Layer1 atau background Layer) keatas atau kebawah untuk memunculkan object manakah yang akan muncul paling depan, misalkan rambut di belakang Obama, atau Obama dibelakang rambut.

5. Kesimpulan

Setelah semua proses diatas anda lakukan, anda telah sukses menjadi seorang Photo Editor Profesional. Namun seperti layaknya sifat seorang profesional anda harus lebih kreatif bukan? jadi cobalah berkesperimen dengan ke-50 Hair templates rambut selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar